Selain WAE REBO, Ada beberapa Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Wilayah Satar Mese, Manggarai, Flores-NTT

By Solanus J

AIR TERJUN “CUNCA PEK” Tantong-Satar Mese

Air terjun ini memiliki lokasi yang sangat indah. Selain adanya air terjun, di sekitar air terjun ini terdapat tebing di kiri kanannya yang menjadikan cunca ini sangat panoramik. Jadi untuk para pecinta alam yang akan datang ke tempai ini bukan hanya menikmati indahnya air terjun, bisa juga melakukan panjat tebing, yang tebing tersebut memiliki kemiringan sekitar 60 derajat.

image

Air terjun ini memiliki keindahan khas wisata alam. Selain letaknya  berada di dataran tinggi yang pastinya memiliki air yang sangat dingin dan sejuk, lokasi air terjun Pek selalu diselimuti kabut tebal di waktu sore hari. Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter.  Di sekitar air terjun ini terdapat perkebunan kakao, cengkeh dan perkebunan sayur penduduk sekitar.

Air terjun Pek ini terletak di Kampung Tantong, Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Tengah-Flores, Provinsi NTT. Air terjun ini terletak di lereng Gunung yang jaraknya sekitar 1000 meter dari OBVITNAS PLTP Ulumbu.

image

Sayangnya Air terjun ini belum mendapat perhatian (perawatan dan pengelolaan) oleh pemerintah  setempat, jadi banyak orang yang belum kenal tempat ini. Berharap kepada pemerintah setempat untuk merawat dan mengelola sekaligus mempromosi tempat ini dengan serius dan menjadikan air terjun ini  sebagai destinasi wisata.

ADA BUKIT CINTA DI BORIK-SATAR MESE BARAT

Bukit cinta, selain di Labuan Bajo, Borik-Satar Mese juga memiliki bukit yang tidak kalah indah dan menarik. Dari bukit ini kita disajikan pemandangan pulau Mules yang sangat indah dan bentuk pulau seperti manusia yang sedang tidur. Tentu sangat panoramik dan pesonanya memanjakan mata para pecinta alam yang berkunjung ke sana.

image

Bukit cinta ini menjadi tempat sempurna untuk menepi, tempat yang pas untuk mengasingkan diri dari keramaian atau berefleksi. Berada di puncak bukit terasa sejuk dan hening. Tak hanya itu, bukit ini pula sangat disarankan untuk menjadi tempat pemotretan prewedding; perpaduan pesona pulau mules dan laut biru yang tenang menjadikan tempat ini memiliki keindahan tersendiri. 

image

Bukit cinta ini terletak di Kampung Borik, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai Tengah-Flores, Provinsi NTT. Akses menuju ke puncak bukit ini tidak sulit. Hanya membutuhkan waktu 1 Jam perjalanan dari badan jalan raya. Bukit ini berada tepat di atas perbatasan Satar Mese dan Lembor-Manggarai Barat. Bukit ini masih belum dikenal banyak orang tetapi saya yakin anda akan betah saat berada di tempat ini.

PASIR PUTIH DINTOR-Satar Mese Barat

Pasir putih Dintor-Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai Tengah-Flores, NTT masih belum dikenal banyak orang. Sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat yang sangat indah ini para masyarakat lokal (pengunjungnya sangat minim). Pantai Pasir Putih Dintor ramai dikunjungi masyarakat Lokal saat liburan hari raya saja.

image

Hal ini disebabkan masih minimnya perhatian pemerintah setempat untuk memaksimalkan tempat ini menjadi destinasi wisata. Campur tangan pemerintah setempat dalam pengelolaan dan perawatan belum nampak. Padahal jika diperhatikan dengan baik, Pasir Putih Dintor sangat strategis untuk dijadikan tempat persinggahan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Wae Rebo.

image

Minimnya promosi baik dari pemerintah maupun masyarakat sendiri sehingga pantai yang sangat indah ini masih belum dikenal banyak wisatawan atau para pecinta alam. Lucunya, hingga saat ini keindahan Pantai Pasir Putih Dintor ini hanya bisa dinikmati oleh penduduk sekitar dan para nelayan.

Pantai Pasir Putih Dintor dengan pesonanya yang sangat luar biasa dengan pemandangan Pulau Mules yang sangat indah bisa mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara; menguntungkan masyarkat apabila pemerintah setempat serius memaksimalkan tempat ini menjadi destinasi wisata.

Tinggalkan komentar